Sistem pencegahan pencurian sepeda motor berbasis GPS yang terintegrasi dengan Android

GPS-based motorcycle theft prevention system integrated with Android

Authors

  • Andi Andriawan Politeknik Negeri Bandung
  • Ashari Ashari Politeknik Negeri Bandung
  • Rifa Hanifatunnisa Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35313/jitel.v2.i2.2022.151-158

Keywords:

pelacak sepeda motor, Arduino Uno, GPS, Firebase, kontrol ON-OFF

Abstract

Salah satu tindakan kriminalitas yang masih sering terjadi adalah pencurian kendaraan sepeda motor. Teknik utama yang dilakukan adalah dengan merusak bagian kunci kontak. Maka dari itu, solusi pengamanan sepeda motor dapat dilakukan dengan mengganti kunci kontak sepeda motor dengan menggunakan modul relai yang dapat dikontrol secara jarak jauh serta memiliki fitur pelacakan. Pada penelitian ini, direalisasikan sebuah sistem yang dapat mengamankan dan mengontrol kelistrikan sepeda motor dari jarak jauh serta melacak keberadaan sepeda motor. Sistem ini dibuat dengan menggunakan mikrokontroler Arduino Uno sebagai pengontrol sistem yang dapat mengatur relai sebagai saklar ON-OFF pada jalur ignition key sepeda motor. Sistem juga dapat mengirimkan data lokasi sepeda motor serta terhubung dengan aplikasi Android untuk melakukan kontrol relai dan pelacakan menggunakan global positioning system (GPS). Pengujian kontrol relai dilakukan 10 kali pengujian dengan masing-masing jarak pengujian yang berbeda. Alat ini dapat mengontrol relai dari jarak jauh tanpa batasan jarak dengan tingkat keberhasilan hingga 70%. Pada pengujian pembacaan GPS, didapatkan nilai error pembacaan rata-rata sebesar 2,45 meter dan sistem dapat mengirim data serta mengakses data dari Firebase. Aplikasi dapat melakukan akses data lokasi dan menampilkannya dalam bentuk maps serta mengirimkan perintah ON-OFF ke Firebase.

References

(2021), “Selama 2020, Pencuri merajalela di kota bandung kasus melonjak 664 Persen“, iNewsJabar, 20 Oktober 2021. [Online]. Available: https://jabar.inews.id/berita/selama-2020-pencuri-merajalela-di-kota-bandung-kasus-melonjak-664-persen/all

A. Pangestu, S. Sumardi, and S. Sudjadi, “Perancangan Alat Pengaman dan Tracking Kendaraan Sepeda Motor Dengan Menggunakan Mikrokontroler ATMEGA644PA,” Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, vol. 3, no. 4, pp. 433-441, 2014.

I. G. A. M. Y. Mahaputra, I. G. A. P. R. Agung, and L. Jasa, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Sepeda Motor dengan GPS Tracker Berbasis Mikrokontroler dan Aplikasi Android”, Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 18, no. 3, pp. 361-368, 2019.

M. Nurfachrizal, “Rancang Bangun Alat Pelacak dan Pengaman Kendaraan Bermotor dengan Menggunakan NODEMCU ESP8266 Berbasis Aplikasi BLYNK,” Tugas Akhir Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 2019.

D. E. Kurniawan and M. N. Surur, “Sistem pengaman sepeda motor berbasis perangkat bergerak dengan notofikasi dan kendali mesin”, Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 9, no. 1, pp. 1159-1165, 2017.

A. Nurani, F. Sirait, and I. U. V. Simanjuntak, “Sistem pengamanan sepeda motor dengan pelacak dan control jarak jauh berbasis android”, Tugas Akhir Univercitas Mercu Buana, 2019.

A. Wahid and Z. Budiarso, “Rancang Bangun Alat Pelacak Kendaraan BErbasis Internet of Things,” JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan Teknologi Komputer), vol. 13, no. 2, pp. 195-201, 2021.

M. A. Budiman, A. Z. Harefa, and D. V. Shaka, “Perancangan Sistem Pelacak GPS dan Pengendali Kendaraan Jarak Jauh Berbasis Arduino”, Proceeding SENDIU, 2020, pp. 356-363.

M. Fadhurrahman, E. Yuniarti, and D. Lestari, “Rancang Bangun Sistem Pelacak Kendaraan Bermotor Menggunakan GPS dan GSM Berbasis Arduino Nano,” Komunikasi Fisika Indonesia, vol. 18, no. 1, pp. 5-11, 2019.

A. F. Ramadhani and S. Irawadi, “Pelacak Kendaraan Hilang Menggunakan GPS dengan Modul GPS6MV2 dan Ditampilkan Dengan Smartphone” Konferensi Nasional Sistem Informasi, Pangkalpinang, 2018, pp. 1090-1095.

H. Utama, “Simulasi Alat Pelacak Kendaraan Bermotor Menggunakan GPS Modul dan Arduino Berbasis Android,” Tugas Akhir Universitas Buddhi Dharma, 2018.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles