Analisis perbandingan nilai ukur sensor load cell antara PLC Delta dengan Arduino Uno

Comparative analysis of load cell sensor measurement values between PLC Delta and Arduino Uno

Authors

  • Bill Edbert Universitas Katolik Parahyangan
  • Faisal Wahab Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.35313/jitel.v2.i1.2022.75-84

Keywords:

PLC, Arduino Uno, massa, load cell

Abstract

Pembacaan nilai ukur dari sensor load cell dapat dilakukan secara digital menggunakan perangkat pengendali seperti Programmable Logic Controller (PLC), Arduino, Raspberry, dan lainnya. Hasil nilai ukur antara sensor load cell pada timbangan digital dan nilai ukur pada timbangan konvensional atau manual terkadang memiliki perbedaan yang sangat signifikan diantara keduanya. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dilakukan pengukuran sensor load cell menggunakan dua macam perangkat pengendali sebagai pembaca nilai sensor dan mengkonversinya menjadi satuan massa gram. Pengujian dilakukan dengan memberi masukan sebuah massa dengan kelipatan 200 gram yang memiliki jangkauan dari nol gram sampai dengan dua kilogram sesuai dengan karakteristik dari sensor load cell. Tujuan dilakukan pengujian ini adalah untuk menentukan perangkat yang memiliki akurasi dan presisi lebih baik dalam membaca sensor load cell dengan spesifikasi yang sama. Proses pengukuran sebuah massa menggunakan sensor load cell dilakukan menggunakan kontroler PLC Delta DVP202-LC dengan perangkat lunak LCSoft untuk proses kalibrasi dan kontroler Arduino Uno menggunakan bahasa pemrograman C. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil ukur sebuah massa pada menggunakan PLC memiliki rata-rata nilai galat -0,56% dan Arduino Uno memiliki galat -0,09%. Dari hasil pengujian ini, dapat disimpulkan kedua sistem bekerja dengan baik sesuai dengan karakteristik dan spesifikasi sensor serta Arduino Uno memiliki galat lebih kecil dibandingkan dengan PLC.

References

W. Wahyudi, A. Rahman, and M. Nawawi, “Perbandingan Nilai Ukur Sensor Load Cell pada Alat Penyortir Buah Otomatis terhadap Timbangan Manual,” ELKOMIKA J. Tek. Energi Elektr. Tek. Telekomun. Tek. Elektron., vol. 5, no. 2, pp. 207, 2018.

U. Achlison and B. Suhartono, “Analisis Hasil Ukur Sensor Load Cell untuk Penimbang Berat Beras, Paket dan Buah berbasis Arduino,” E-Bisnis J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 13, no. 1, pp. 96–101, 2020.

A. Muflihana, D. S. Arief, and A. S. Nugraha, “Rancang Bangun Timbangan Digital dengan Keluaran Berat Berbasis Arduino Uno pada Automatic Machine Measurement Mass and Dimension,” Jom FTEKNIK, vol. 6, pp. 1–7, 2019.

D. Parimpin, “Pengendalian Lift Barang 4 Lantai Menggunakan Plc Outseal Yang Terhubung Dengan Android Melalui Freight Elevator Control With Four,” Tugas Akhir Universitas Sanata Dharma, 2020.

A. P. Pradana dan A. Triwiyatno, “Perancangan Sistem Otomatisasi Pada Prototype Plant Auto Cowfeeder Machine Berbasis Programmbale Logic Controller (Plc) Omron Cpm1a Dan Mikrokontroler Atmega 8,” Transmisi, vol. 19, no. 2, pp. 42–49, 2017.

D. Sibrani, “Pengisian Otomatis Menggunakan Load Cell Untuk Beberapa Jenis Ukuran Botol Berbasis Scada,” Pros. Ind. Res. Work. Natl. Semin., vol. 10, no. 1, pp. 175–185, 2019.

“YZC-131A Load Cells Datasheet.” https://www.electronicoscaldas.com/datasheet/YZC-131A.pdf.

I. A. Headquarters, “Load Cell Module Operation Manual,” 2014. https://filecenter.deltaww.com/Products/download/06/060301/Manual/DELTA_IA-PLC_DVP201-202-211LC-SL_OM_EN_20190220.pdf.

P. K. H. Thakkar, “Performance Evaluation of Strain Gauge Based Load Cell to Improve Weighing Accuracy,” Int. J. Latest Trends Eng. Technol. Perform., vol. 2, no. 1, pp. 103–107, 2013.

S. M. Osman, R. Hegazy, M. A. Elhakeem, and M. I. Mohamad, “Study for Initial Load Effects on the Calibration of Load Cells,” Asian J. Appl. Sci., vol. 8, no. 2, pp. 117–124, 2020.

Downloads

Published

2022-03-30

Issue

Section

Articles