Perancangan simulator lift tiga lantai menggunakan diagram Keadaan

Authors

  • Edi Rakhman Politeknik Negeri Bandung
  • Dadan Nurdin Bagenda Politeknik Negeri Bandung
  • Noor Cholis Basjaruddin Politeknik Negeri Bandung

Keywords:

lift, diagram keadaan, ladder diagram, PLC

Abstract

Lift telah lama digunakan pada berbagai gedung bertingkat. Kelebihan lift dibandingkan dengan tangga dan eskalator adalah penggunaan ruang yang lebih efisien dan dapat digunakan oleh pengguna dengan berbagai kondisi fisik. Berbeda dengan lift, tangga dan eskalator tidak disarankan digunakan oleh pengguna kursi roda karena tidak nyaman dan berbahaya. Selain itu lift juga lebih tepat untuk mengangkut barang antar lantai dibanding tangga atau eskalator.Pengembangan lift dengan jumlah jangkauan lantai yang semakin banyak memerlukan metode dalam tahap perancangan terutama pada pengambilan keputusan ketika lift menerima permintaan dari pengguna. Pada penelitian ini digunakan Diagram Keadaan dalam perancangan lift 3 lantai. Melalui Diagram Keadaan yang dilanjutkan dengan pembuatan ladder diagram, rancangan tersebut selanjutnya diimplementasikan menggunakan miniatur lift 4 lantai yang dikendalikan oleh Programmable Logic Controller (PLC). Hasil pengujian rancangan pengendalian lift 3 lantai menggunakan Diagram Keadaan menunjukkan bahwa permintaan pengguna lift dapat dilayani dengan baik dan lift bekerja sesuai dengan rancangan.

References

A. Ardiansyah and O. Hidyatama, "Rancang Bangun Prototipe Elevator Menggunakan Microcontroler Arduion ATMega 328P," Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu, pp. 100 - 112, 2013.

A. Yudamso, A. Trisanto and F. A. Setyawan, "Rancang Bangun Model Lift Cerdas 3 Lantai," ELECTRICIAN – Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Vols. 7, No.3, pp. 116-124, 2013.

I. D. Pranowo and D. Lion, "Prototipe Lift Barang 4 Lantai Menggunakan Kendali PLC," Media Teknika, Vols. 8, No.1, pp. 27-36, 2008.

A. Darwoko, "Pembuatan Simulator Lift 3 Lantai Berbasis C200HX-CPU44 dan HMI Proface GP2501," Jus Tekno, Vols. 2, No. 3, pp. 369-375, 2018.

M. A. Firdaus and P. W. Rusimamto, "Perancangan dan Pembuatan Modul Praktikum Trainer Lift Berbasis PLC pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK Krian 1 Sidoarjo," Jurnal Pendidikan Teknologi Elektro, Vols. 9, No.1, pp. 193-197, 2020.

D. Bagenda, N. Basjaruddin, E. Darwati and E. Rakhman, "Development of An Elevator Simulator to Support Problem-Based Electric Motor Control Practicum for Vocational High School Student," Invotek, Vols. 21, No. 2, pp. 139-148, 2021.

N. C. Basjaruddin, Pembelajaran Mekatronika Berbasis Proyek, Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Kuphaldt and R. Tony, Lessons In Electric Circuits, Volume IV – Digital, Creative Commons License, 2021.

I. Setiawan, Programmable Logic Controller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol, Yogyakarta: Andi, 2006.

S. Brown and Z. Vranesic, Fundamentals of Digital Logic with Verilog Design, Newyork: McGraw-Hill, 2014.

Published

2024-03-21

Issue

Section

Articles