Perancangan dan realisasi sistem pengiriman data metering air otomatis berbasis website

Design and realization of a website-based automatic water metering data delivery system

Authors

  • Achmadi Jiran Tahttadu Politeknik Negeri Bandung
  • Vitrasia Vitrasia Politeknik Negeri Bandung
  • Adinda Ismalian Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35313/jitel.v2.i2.2022.95-102

Keywords:

waterflow sensor, database, sistem telemetri, modul WiFi, website

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan suatu badan usaha yang mengelola dan melayani kebutuhan air minum masyarakat. Cara pengecekan air yang dilakukan oleh PDAM di perumahan masih kurang efektif  karena dilakukan secara manual dengan melibatkan petugas yang dikirim ke rumah para pelanggan untuk mengecek meteran air analog dan mengkonversi nilainya menjadi rupiah untuk mendapatkan biaya penggunaan air. Selain itu, dengan adanya pandemi Covid-19, prosedur pengecekkan air oleh petugas lapangan jadi semakin sulit. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah inovasi yaitu sistem pengiriman data metering air otomatis ke website. Sistem ini mengukur debit air yang mengalir dengan waterflow sensor. Data yang terbaca akan dikirimkan ke admin melalui sistem telemetri, lalu dikonversikan ke bentuk rupiah dan dikirim ke database menggunakan modul WiFi Wemos D1. Selanjutnya data diolah pada database localhost lalu dikirim ke website. Berdasarkan hasil pengujian, rata-rata nilai error terbesar pada tiga variabel pengujian adalah di pengukuran 1 liter yaitu sebesar 5,5%. Hal ini disebabkan karena perbedaan pada tekanan air menyebabkan laju air yang kurang stabil. Sistem ini dapat melakukan transmisi data sampai dengan 82,52 m pada kondisi terdapat halangan. Sistem ini berhasil mengirim semua data volume air dan biaya ke database dan dalam mengirimkan data ke website sistem mendapatkan hasil presentase keberhasilan sebesar 71%. Hal ini dikarenakan tertutupnya server pada saat pengujian dan dapat diatasi dengan melakukan reset pada server.

References

W. Rahmayanti, “Upaya Pemerintah Dalam Penyediaan Kebutuhan Air Bersih Untuk Masyarakat,” Skripsi Universitas Islam Malang, Malang, 2020.

D. P. A. R. Hakim, A. Budijanto, and B. Widjanarko, “Sistem Monitoring Penggunaan Air PDAM Pada Rumah Tangga Menggunakan Mikrokontroler NODEMCU Berbasis Smartphone Android,” IPTEK, vol. 22, no. 2, pp. 9-18, 2018.

R. Zakaria, M. N. Zakaria, and M. Taufik, “Rancang bangun Prototipe Sistem Monitoring Aliran Air Pada Pipa Berbasis Android,” JARTEL, vol. 8, no. 1, pp. 183-187, 2019.

Y. R. Putra and D. Triyanto, “Rancang Bangun Perangkat Monitoring dan Pengaturan Penggunaan Air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Berbasis Arduino Dengan Antarmuka Website,” Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol. 5, no. 1, pp. 33-44, 2017.

N. N. Naim and I. Taufiqurrahman, “Sistem Monitoring Penggunaan Debit Air Konsumen Di Perusahaan Daerah Air Minum Secara Real Time Berbasis Arduino Uno,” JEEE, vol. 2, no. 1, pp. 31-39, 2018.

E. Dewanto, J. Yoseph, and M. Rif’an, “Tandon Air Otomatis Dengan Sistem Monitoring Melalui Android Berbasis Arduino Uno,” Autocracy, vol. 5, no. 1, pp. 8-16, 2018.

M. D. Yusuf, E. V. Haryanto, and R. A. Lestari, “Perancangan Sistem Pengontrolan Distribusi Aliran Air Kerumah Berbasi Android,” in SENSITIF 2019, Makassar, 2019.

D. Lestari and Y. Yaddarabullah, “Perancangan Alat Pembacaan Meter Air PDAM Menggunakan Arduino Uno,” AL-FIZIYA: Journal of Materials Science, Geophysics, Instrumentation and Theoretical Physics, vol. 1, no. 2, pp. 36-41, 2018.

R. Avivi, A. Soetedjo, and M. I. Ashari, “Sistem Monitoring Debit dan Kualitas Air Serta Pemeliharaan Layanan Penyedia Air Bersih Di Perumahan Tirtasari Berbasis IoT,” Tugas Akhir Institut Teknologi Nasional Malang, Malang, 2019.

M. Iqbal and A. Septiawan, “Sistem Kontrol Debit Air Via Android Pada Tangki Kembar Berbasis Mikrokontroller ATMEGA2056,” Jaringan Sistem Informasi Robotik (JSR), vol. 3, no. 1, pp. 184-193, 2019.

K. W. Siregar, D. Triyanto, and I. Nurmala, “Sistem Monitoring Dan Kontrol Pemakaian Air Pada Kamar Kos Menggunakan Teknologi Wireless Sensor Network Berbasis Website,” Coding, vol. 6, no. 3, pp. 182-192, 2018.

Putra, A. S., Sukri, H., and K. Zuhri, “Sistem Monitoring Realtime Jaringan Irigasi Desa (JIDES) Dengan KonsepJaringan Sensor Nirkabel,” IJEIS (Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems), vol.8, no. 2, pp. 221-232, 2018.

Downloads

Published

2022-09-30

Issue

Section

Articles