Smart pot untuk tanaman hias indoor berbasis aplikasi Android dan Telegram

Smart pots for indoor ornamental plants based on Android and Telegram applications

Authors

  • Riyani Prima Dewi Politeknik Negeri Cilacap
  • Artdhita Fajar Pratiwi Politeknik Negeri Cilacap
  • Fitriana Rosmeriana Politeknik Negeri Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.35313/jitel.v3.i1.2023.9-18

Keywords:

DHT11, ESP32, Monitoring, Penyiram Otomatis

Abstract

Setiap tanaman memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, seperti kebutuhan sinar dan air dimana kedua hal ini sangat mempengaruhi hidup dari tanaman. Penyinaran dan penyiraman pada tanaman indoor umumnya masih dilakukan secara manual yaitu dengan mengeluarkan tanaman ke luar rumah agar mendapatkan pencahayaan. Keadaan seperti ini akan sangat merepotkan jika melihat kondisi fisik atau kesibukan dari pemilik tanaman. Dari permasalahan di atas, pada penelitian ini akan dirancang alat dimana kebutuhan penyinaran dan penyiraman dapat dikerjakan secara otomatis sekaligus dapat memonitoring kondisi tanah, suhu, kelembaban udara, dan level air, melalui aplikasi pada Android. Hasilnya berupa smart pot dengan sensor kelembaban tanah yang mendeteksi keadaan tanah di dalam pot. Jika tanah kering, maka pompa menyala dan tanaman tersiram dengan otomatis. Lampu menyala setiap pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB dengan sensor DHT11 yang mampu mendeteksi suhu udara di sekitar pot. Hasil pengujian tingkat rata-rata error yaitu 0,956°C untuk pendeteksian suhu. Alat ini juga dilengkapi sensor ketinggian air yang dapat membaca ketersediaan air di dalam pot yang ditampilkan menggunakan LED bar. Dari hasil pengujian 5 bar menunjukan ketersediaan air 50% atau setengah dari ketersediaan air di dalam pot. Pengguna juga akan menerima peringatan melalui Telegram ketika kelembapan pot berada pada kondisi kurang dari set point yang sudah ditentukan.

References

U. Surapati and P. Anwar, “Implementasi Sistem Pemeliharaan Tanaman Hias Berbasis Internet Of Things di Dira Plants Bumi Flora Semanan Jakarta Barat,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 5, pp. 834–851, 2022.

F. Fathurrahmani and A. Noor, “Smartpot untuk Efisiensi Monitoring Tanaman Hias Berbasis IoT,” J. Ilm. Sist. Inf. dan Tek. Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 203-212, 2019.

P. A. Wulandari, P. Rahima, S. Hadi, and K. Marzuki, “Rancang Bangun Sistem Penyiraman Otomatis Berbasis Internet of Things Pada Tanaman Hias Sirih Gading,” J. Bumigora Inf. Technol., vol. 2, no. 2, 77-85, 2020.

S. Damayanti and Y. M. Djaksana, “Prototipe Penyiraman Otomatis Pada Tanaman Berbasis Internet Of Things Menggunakan Mikrokontroler Dan Sensor Kelembaban Tanah,” J. Artif. Intell. Innov. Appl., vol. 3, no. 1, pp. 85–90, 2022.

H. P. Pratama, D. I. H. Putri, and S. Sudjani, “Prototype Penyiraman Otomatis Berbasis IOT untuk Multi Zona Tanaman Hias,” J. Sist. Cerdas, vol. 5, no. 1, pp. 1-11, 2022.

J. Andika, E. Permana, and S. Attamimi, “Perancangan Sistem Otomatisasi Dan Monitoring Perangkat Perawatan Tanaman Hias Berbasis Internet Of Things,” J. Teknol. Elektro, vol. 13, no. 2, 100-107, 2022.

K. Rawal and G. Gabrani, “IoT based computing to monitor indoor plants by using smart pot,” in Proceedings of the International Conference on Innovative Computing & Communications (ICICC), 2020.

W. Selviana, “Pot Tanam Pintar Otomatis,” Politeknik Negeri Cilacap, 2020.

A. Furi, M. Iqbal, and N. S. Salahuddin, “Prototipe Sistem Otomatis Berbasis Iot Untuk Penyiraman Dan Pemupukan Tanaman Dalam Pot,” J. Pertan. Presisi (Journal Precis. Agric.), vol. 2, no. 1, pp. 66–80, 2018.

A. Mujadin, “Prototipe Chamber Pengaturan Suhu, Kelembaban dan Growing LED Tanaman Aeroponic,” J. Al-AZHAR Indones. SERI SAINS DAN Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 44, 2017.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles