Sistem monitoring dan kontrol penerangan jalan umum tenaga surya berbasis Internet of Things

Internet of Things-based solar street lighting monitoring and control system

Authors

  • Qory Hidayati Politeknik Negeri Balikpapan
  • Nurwahidah Jamal Politeknik Negeri Balikpapan
  • Nur Yanti Politeknik Negeri Balikpapan
  • Yoga Tri Prasetyo Politeknik Negeri Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.35313/jitel.v3.i1.2023.19-26

Keywords:

penerangan jalan umum (PJU), lampu, kontrol dan monitoring, Internet of Things (IoT)

Abstract

Penerangan jalan umum (PJU) merupakan bagian infrastruktur jalan umum yang sangat penting untuk keselamatan pengguna jalan. Pada sistem PJU konvensional, lampu PJU akan menyala selama malam hari sampai menjelang pagi secara terus menerus tanpa ada pengontrolan dan monitoring. Selain itu, penggunaan lampu PJU juga masih membutuhkan daya yang besar, boros energi listrik, dan tidak terkendali. Oleh karena itu, pada penelitian ini dibuat sebuah alat yang mampu mengontrol tingkat penerangan lampu PJU berdasarkan jumlah orang dan juga mampu dimonitoring menggunakan sistem Internet of Things (IoT). Pada proses kendali, alat ini menggunakan Arduino untuk mengatur tegangan pada lampu penerangan dengan menggunakan AC light dimmer. Sedangkan pada proses monitoring, alat ini menggunakan sensor LDR untuk mendeteksi kondisi lampu dan ditampilkan pada web. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sensor tegangan membaca 220-240 V dan sensor arus membaca sekitar 0,15 A pada keadaan lampu hidup. Pada keadaan lampu mati, sensor tegangan membaca 220-240 V dan sensor arus membaca sekitar 0,11 A. Pada keadaan lampu rusak, sensor arus membaca sekitar 0,04 A. Dengan adanya monitoring website, maka dapat lebih mudah dipantau karena dapat melihat data tegangan dan arus pada lampu sehingga diketahui kondisi lampu menyala atau mati.

References

(2021) Kominfo, Pemeliharaan Penerangan Jalan Umum. Retrieved from Dishub Kulonprogo [Online]. Available: dishub.kulonprogokab.go.id.

B. G. Melipurbowo, “Pengukuran Daya Listrik Real Time Dengan Menggunakan Sensor Arus Acs 712,” Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, vol. 12, no. 1, pp. 17-23, 2016.

B. H. Purwoto, J. Jatmiko, M. A. Fadilah, and I. F. Huda, “Efisiensi penggunaan panel surya sebagai sumber energi alternative,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 18, no. 1, pp. 10-14, 2018.

G. Y. Saputra, A. D. Afrizal, F. K. R. Mahfud, F. A. Pribadi, and F. J. Pamungkas, “Penerapan Protokol Mqtt Pada Teknologi Wan,” Jurnal Infomatika Mulawarman, vol. 12, no. 2, pp. 69-75, 2017.

A. Adam, M. Muharnis, A. Ariadi, and J. Lianda, “Penerapan IoT Untuk Monitoring Lampu Penerangan Jalan Umum,” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), vol. 5, no. 1, pp. 32-41, 2020.

B. Edward, I. Kamil, and N. Nadhiroh, “Sistem Monitoring Luaran Daya Panel Surya Solar Tracker Berbasis Internet of Things Dengan GOIOT,” ELECTRICES, vol. 3, no. 2, pp. 53-59, 2021.

P. Vendi, A. Wibawa, K. O. Saputra, A. Agung, and N. Amrita, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Lampu Penerangan Jalan Umum Berbasis Web,” Jurnal SPEKTRUM , vol. 6, no. 4, pp. 51-57, 2019.

M. Wahyudi, “Sensor Arus dan Sensor Tegangan Untuk Monitoring Energi Listrik,” Seminar Nasional Industri dan Teknologi, Politeknik Negeri Bengkalis, 2018, pp. 61-66.

S. Suryadi, “Sistem Kendali dan Monitoring Listrik Rumahan Menggunakan Ethernet Sheeld Dan Rtc Arduino,” JURNAL FATEKSA: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, vol. 14, no. 1, pp. 9-18, 2017.

Q. Hidayati and N. Yanti, “Sistem Pembangkit Panel Surya dengan Solar Tracker Dual Axis,” Prosiding SNITT Poltekba, vol. 4, 2020, pp. 68-73.

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles